Nama :
Kelas / Semester : IV
Alokasi Waktu : 30 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
hubungan antara bangun datar
B.
KOMPETENSI DASAR
8.3 Mengidentifikasi
benda-benda dan bangun datar simetris
C.
INDIKATOR
1.
Memberi contoh bangun datar yang simetris dan tidak
simetris
2.
Menyebutkan banyak simetri lipat yang dimiliki oleh suatu
bangun datar
D.
RASIONAL
Pentingnya LKS ini untuk
mempermudah siswa untuk memahami mengenai bangun datar simetris.
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat memberi contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris
2. Siswa
dapat menyebutkan banyak simetri lipat yang dimiliki oleh suatu bangun datar
3. Siswa
dapat mengelompokkan gambar yang simetris dan tidak simetris
F.
PETUNJUK
1.
Perhatikan media pembelajaran berupa media kertas.
2.
Kemudian kerjakan LKS yang telah diberikan
G.
MATERI AJAR
Bangun Datar Simetris
Jika suatu
bangun datar dapat dilipat menjadi dua bagian yang sama bentuknya dan sama
besarnya, maka bangun tersebut di sebut bangun simetris. Bangun yang tidak
simetris disebut bangun asimetris.
Contoh :
Persegi panjang ABCD dilipat menurut
garis pq menghasilkan dua bagian yang bentuknya sama dan besarnya sama. Jadi, persegi
panjang ABCD merupakan bangun simetris.
Garis pq disebut garis simetris atau
sumbu simetris, yaitu garis yang membagi bangun datar menjadi dua bagian sama
besar.
Segitiga senbarang ABC dilipat menurut
garis a, b, maupun c tidak menghasilkan dua bagian yang bentuknya sama dan
besarnya sama. Jadi, segitiga senbarang merupakan bangun asimetris.
H.
LEMBAR
KERJA SISWA
1. Banyak simetri lipat pada
persegi adalah …
2. Banyak simetri lipat pada
segitiga sama kaki adalah …
3. Banyak simetri lipat pada trapesium
adalah …
4. Banyak simetri lipat pada jajar
genjang adalah …
5. Banyak simetri lipat pada belah
ketupat adalah …
6. Perhatikan gambar di bawah ini
Perhatikan gambar di atas!
a.
Adakah
huruf yang simetris ? Sebutkan jika ada.
b.
Adakah
huruf yang asimetris ? Sebutkan jika ada.
I.
Penilaian
Catatan
untuk Ortu
|
Paraf
Ortu
|
Nilai
|
Paraf
Guru
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar