Senin, 09 Januari 2012

Tugas UAS

A. Kelebihan dan Kekurangan serta Solusi tentang Penerapan Metode atau Pendekatan Pembelajaran
1. Pemateri : Darmanto
Materi : Trigonometri
Metode yang digunakan adalah metode ekspositoris. Metode ini hampir sama dengan metode ceramah, namun yang membedakannya adalah siswa tidak hanya mendengarkan dan mencatat tetapi juga mengerjakan soal latihan dan bertanya kalau tidak mengerti.
Kelebihan dalam penerapan metode ini

a. Waktu yang digunakan untuk menyampaikan materi ini sangat cepat dan sudah sesuai dengan kompetensi dasar dari materi tersebut.
b. Siswa lebih aktif karena mengerjakan soal latihan dengan teman dan juga mengerjakannya di papan tulis.
c. Lebih menyenangkan karena diakhir pembelajaran diberikan sebuah soal dan siswa disuruh berlomba mengerjakan soal tersebut, dan pemenangnya mendapatkan hadiah.

Kekurangan dalam penerapan metode ini
a. Pemateri kurang bisa menjelaskan materi yang disampaikannya, dan lebih terpaku pada membaca materi yang ada di laptopnya.
b. Kurang menguasai materi dan ketika dalam penyampaiannya terdapat beberapa kesalahan perhitungan.
c. Pemateri tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.

Solusi tentang penerapan metode
Metode yang digunakan sebenarnya sudah cocok dengan materi yang disampaikan yaitu menggunakan metode ekspositoris. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam meggunakan metode ini yaitu dominasi pemateri dalam pembelajaran ini seharusnya berkurang, dan tidak terus menerus berbicara. Siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan pendapat terhadap materi yang disampaikan ( sumber : Suherman, Erman, et.al 1999: 243-244)


2. Pemateri : Romu Dani
Materi : Aturan Sinus
Metode yang digunakan adalah metode ekspositoris. Namun penerapannya lebih menekankan dalam pembuktian rumus.
Kelebihan dalam penerapan metode ini
a. Waktu yang digunakan untuk menyampaikan materi ini sangat cepat dan sudah sesuai dengan kompetensi dasar dari materi tersebut.
b. Lebih bisa menguasai kelas, karena pemateri tidak hanya berdiri di satu tempat, tetapi berpindah-pindah tempat supaya siswa tersebut memperhatikan apa yang disampaikan.

Kekurangan dalam penerapan metode ini
a. Yang lebih mendominasi dalam pembelajaran ini adalah pemateri sedangkan siswanya hanya sedikit ambil bagian dalam pembelajaran ini.
b. tidak pernah memberikan kesempatan bertanya kepada siswanya.
c. seharusnya dalam pembuktian rumus itu ditemukan sendiri oleh siswa, sedangkan pemateri hanyalah sebagai pendamping.

Solusi tentang penerapan metode
Metode yang cocok diterapkan berupa metode ekspositori dengan belajar melalui penemuan. Dan metode ini sudah sesuai dengan yang diterapkan oleh pemateri. Menurut Ausubel (Suherman, Erman, et.al 1999: 243-244) membedakan belajar menjadi belajar dengan menerima, dan belajar melalui penemuan. Belajar dengan menerima jika materi yang disajikan oleh pemateri berupa rumus atau pola bilangan. Sedangkan belajar dengan penemuan, bentuk akhir dari rumus tersebut haus ditentukan sendiri.


3. Pemateri : Rimah Malini
Materi : Dalil Phytagoras
Metode yang digunakan adalah metode ekspositoris. Namun penerapannya lebih menekankan dalam pembuktian rumus.
Kelebihan dalam penerapan metode ini
a. Waktu yang digunakan untuk menyampaikan materi ini sangat cepat dan sudah sesuai dengan kompetensi dasar dari materi tersebut.
b. Siswa lebih aktif karena mengerjakan soal latihan dengan teman dan juga mengerjakannya di papan tulis.
c. Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat mengenai materi yang disampaikan.

Kekurangan dalam penerapan metode ini
a. Yang lebih mendominasi dalam pembelajaran ini adalah pemateri sedangkan siswanya hanya sedikit ambil bagian dalam pembelajaran ini.
b. seharusnya dalam pembuktian rumus itu ditemukan sendiri oleh siswa, sedangkan pemateri hanyalah sebagai pendamping.

Solusi tentang penerapan metode
Metode ini sebenarnya cocok digunakan dengan menggunakan metode ekspositoris, namun ada beberapa hal yang harus disampaikan dengan bantuan alat peraga. Jadi metode yang sebaiknya digunakan adalah metode demonstrasi.
Ciri khas metode ini tampak dari adanya penonjolan mengenai suatu kemampuan, misalnya kemampuan pemateri membuktikan teorema/dalil, menurunkan rumus, dll. Sedangkan yang berhubungan dengan penggunaan alat peraga, misalnya pemakaian segitiga untuk menggambar dua garis sejajar atau tegak lurus, jangka, dan se3gitiga untuk membuat lukisan-lukisan geometri, penggunaan daftar, mistar hitung, atau kalkulator untuk melakukan perhitungan-perhitungan. (sumber : Suherman, Erman, et.al 1999:244).
Dengan materi mengenai Dalil Phytagoras, sebaiknya menggunakan metode ini, dengan menggunakan alat peraga berupa persegi, persegi panjang dan segitiga siku-siku untuk membuktikan dalil phytagoras tersebut.


B. Kelebihan dan Kekurangan serta Solusi tentang Alat Peraga dan Media Pembelajaran
1. Pemateri : Darmanto
Materi : Trigonometri
Alat peraga : -
Media : Laptop, LCD, Papan Tulis
Kelebihan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Untuk alat peraga tidak ada kelebihannya karena pemateri dalam menyampaikan materinya tidak menggunakan alat peraga.
Untuk penggunaan media pembelajaran kelebihannya dalam power pointnya isinya hanyalah inti dari materinya saja yang ditampilkan dan isinya tidak terlalu banyak.

Kekurangan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Kekurangan dalam penggunaan media pembelajaran yaitu pemateri tidak seberapa mengetahui cara menggunakan LCD dan menggunakan Power Point. Ketika awal pembelajaran, pemateri tidak mengetahui cara menghubungkan LCD ke laptop sehingga memakan waktu. Dan ketika penyajian materi, power point yang digunakan tidak di Slide Show sehingga siswa susah untuk melihat materi yang ada.

Solusi penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Alat peraga, seharusnya menggunakan penggaris hitung dan busur dalam pembelajarannya atau bisa juga menggunakan jepit bola. Jepit bola terdiri dari busur derajat dan mistar pengukur yang menjadi satu. Bisa juga menggunakan tabel sinus/cosinus untuk mempermudah perhitungan.
Untuk media pembelajaran saya rasa sudah sesuai.
(sumber : Suherman, Erman, et.al 1999:292).

2. Pemateri : Romu Dani
Materi : Aturan Sinus
Alat Peraga : -
Media : Laptop, LCD, Papan Tulis
Kelebihan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Untuk alat peraga tidak ada kelebihannya karena pemateri dalam menyampaikan materinya tidak menggunakan alat peraga.
Untuk penggunaan media pembelajaran kelebihannya dalam power pointnya isinya hanyalah inti dari materinya saja yang ditampilkan dan isinya tidak terlalu banyak.

Kekurangan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Untuk penggunaan alat peraga saya rasa penggunaannya sudah cukup baik. Namun dalam penggunaan papan tulis seharusnya pemateri bisa mengatur tulisannya sehingga siswa bisa mengerti.

Solusi penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Karena materi yang disampaikan tentang aturan sinus, untuk alat peraga yang digunakan lebih baik segitiga, penggaris, dan tabel sinus.
(sumber : Suherman, Erman, et.al 1999:296).

3. Pemateri : Rimah Malini
Materi : Dalil Phytagoras
Alat Peraga : -
Media : Laptop, LCD, Papan Tulis, Modul Pelajaran
Kelebihan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Untuk alat peraga tidak ada kelebihannya karena pemateri dalam menyampaikan materinya tidak menggunakan alat peraga.
Untuk media pembelajaran pemateri memberikan modul yang dapat membantu siswa lebih mudah mengerti pelajaran.

Kekurangan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Untuk penggunaan media pembelajaran saya rasa penggunaannya sudah cukup baik. Namun pada power point isinya terlalu banyak dan memusingkan untuk dibaca.

Solusi penggunaan alat peraga dan media pembelajaran
Karena materi yang disampaikan tentang pembuktian dalil phytagoras, maka alat peraga yang baik digunakan adalah persegi, persegi panjang, dan segitiga siku-siku.
(sumber : Suherman, Erman, et.al 1999:296).


C. Kelebihan dan Kekurangan serta Solusi tentang Penciptaan Interaksi dalam Proses Belajar Mengajar
1. Pemateri : Darmanto
Materi : Trigonometri
a. Interaksi antara siswa dengan siswa
Kelebihannya antar siswa terjalin kerja sama karena dalam mengerjakan soal latihan dikerjakan secara berkelompok.

Kekurangannya

Solusinya pemateri sebaiknya lebih bisa merangsang siswanya untuk bisa mengembangkan materinya sehingga antar siswa bisa berdiskusi mengenai materi tersebut.

b. Interaksi antara siswa dengan media pembelajaran
Kelebihannya

Kekurangannya pemateri tidak men-slide show pada power pointnya sehingga siswa susah untuk melihat materi yang disajikan.
Solusinya

c. Interaksi antara siswa dengan pemateri
Kelebihannya
Kekurangannya pemateri lebih banyak diam dan tidak berbicara disaat tertentu, dan sepertinya siswa tidak seberapa memperhatikan apa yang disampaikan pemateri.

2. Pemateri : Romu Dani
Materi : Aturan Sinus
a. Interaksi antara siswa dengan siswa
Kelebihannya antar siswa terjalin kerja sama karena dalam mengerjakan soal latihan dikerjakan secara berkelompok.
Kekurangannya
Solusinya

b. Interaksi antara siswa dengan media pembelajaran
Kelebihannya
Kekurangannya
Solusinya

c. Interaksi antara siswa dengan pemateri
Kelebihannya
Kekurangannya pemateri lebih banyak diam dan tidak berbicara disaat tertentu, dan sepertinya siswa tidak seberapa memperhatikan apa yang disampaikan pemateri.

3. Pemateri : Rimah Malini
Materi : Dalil Phytagoras
a. Interaksi antara siswa dengan siswa
Kelebihannya antar siswa terjalin kerja sama karena dalam mengerjakan soal latihan dikerjakan secara berkelompok.
Kekurangannya
Solusinya

b. Interaksi antara siswa dengan media pembelajaran
Kelebihannya
Kekurangannya
Solusinya

c. Interaksi antara siswa dengan pemateri
Kelebihannya
Kekurangannya pemateri lebih banyak diam dan tidak berbicara disaat tertentu, dan sepertinya siswa tidak seberapa memperhatikan apa yang disampaikan pemateri.


Daftar Pustaka

Erman, Suherman Drs. Dan Drs. Udin S.Winataputra,M.A. 1999. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar